Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Mengenali Bitcoin, Keuntungan dan Kerugiannya - Khusus Pemula

Getbitcoindollar_Halaman ini, Belajar Mengenali Bitcoin Khusus Pemula seharusnya dibuat di awal saat blog saya buat, tapi entah kenapa, dulu saya nggak sempet membuat artikel ini, mungkin karena sibuk nyiapin pernikahan kali yaah,,hahaaaii.
Sampai saat ini masih saja banyak orang yang tidak/ belum kenal sama bitcoin. Padahal sekarang usianya sudah 7 tahun looh. Ditempat kerja saya saja, dari 50 orang karyawan, hanya saya yang mengenal bitcoin.
Kalau istilah-istilah tentang bitcoin, sudah pernah saya buat, silakan kalau mau membacanya terlebih dahulu.

Satu hal yang harus agan ketahui dari Bitcoin. Bitcoin telah menjadi fenomena kemajuan teknologi pembayaran. Bitcoin didesain bukan untuk tindakan criminal atau pelanggaran hukum. Justru sebaliknya bitcoin sangat melindungi penggunanya karena transaksi yang terjadi tercatat dan dapat diakses oleh public pada “Rantai Blok (Blockchain)” .

Apakah bitcoin diciptakan untuk tujuan kejahatan?

Gan,,gaaannn,,,Bitcoin itu adalah uang, dan uang ya uang, selalu digunakan untuk tujuan sah maupun ilegal. Uang tunai, kartu kredit dan sistem perbankan saat ini secara luas melampaui Bitcoin dalam hal penggunaan untuk kegiatan kriminal. Bitcoin dapat membawa inovasi yang signifikan dalam sistem pembayaran dan keuntungan inovasi tersebut sering dianggap jauh melampaui potensi kekurangan Bitcoin.

Tujuan diciptakan bitcoin adalah jawaban atas kekurangan yang ada pada uang tunai dan kartu kredit. Kalau dibilang untuk kejahatan kartu kredit dan uang tunai sudah digunakan untuk kegiaan illegal. Kelebihan bitcoin dibanding dengan kartu kredit adalah perlindungan terhadap penjual.  Pembeli tidak bisa melakukan charge back. Setelah bitcoin dikirimkan ke penerima bitcoin tidak bisa ditarik kembali atau menggagalkan transaksi.

Apakah Bitcoin bisa di atur pemerintah?

Seperti mata  uang lainya bitcoin  juga memungkinkan diatur oleh  pemerintah manapun. Namun yang terjadi selama ini adalah peraturan yang terkesan melarang atau membatasi penggunaan bitcoin.

Sebenarnya Negara yang melarang bitcoin hanya akan mengambil masalah karena teknologi ini terus berkembang. Di Rusia sendiri melarang bitcoin, namun warga Negara Rusia masih bisa menggunakan  bitcoin karena bitcoin  itu sendiri tanpa batas territory.

Bagaimana bentuk aturan yang terbaik? Sudah selayaknya pemerintah bersikap cooperative dengan para developer dan pakar bitcoin untuk membuat system yang memungkinkan membuat bitcoin itu bisa di awasi penggunaanya dari pada hanya melarang.

Pemerintah juga bisa mengambil pajak bitcoin dengan membuat peraturan perdagangan , walaupun  pajak yang diberlakukan  bukan dalam bentuk bitcoin, pihak pemerintah tentu bisa menilai volume perdagangan yang dihasilkan dari transaksi yang dihasilkan dengan bitcoin.

Bitcoin dan perlindugan konsumen

Selama ini sering dituduhkan bahwa bitcoin digunakan untuk tindakan pencucian uang atau kejahatan lainya. Justru sebaliknya transaksi bitcoin akan melindungi semua pihak baik konsumen maupun penjual karena setiap transaksi terlihat dalam bukti leger yang bisa diakses public sehingga tindak kecurangan dalam transaksi tidak mungkin terjadi. Selain itu bukti transaksi dalam blockchain bisa ditelusuri dan digunakan barang bukti secara hukum apabila pada transaksi tersebut mengandung unsure kejahatan atau pelanggaran hukum lainya. Financial Crimes Enforcement Network (FinCEN), sebuah biro di Departemen Keuangan Amerika Serikat, menerbitkan panduan lepas mengenai bagaimana pemerintah menangani aktivitas tertentu terkait mata uang virtual.

Keuntungan dan kerugian menggunakan bitcoin

Berikut adalah kerugian menggunakan bitcoin

1. Banyak orang belum mengenal bitcoin
Tingkat penerimaan bitcoin masih rendah karena banyak orang belum tahu sama sekali atau mendapat informasi yang salah tentang bitcoin. Bahkan ini terjadi oleh pihak pemerintah sendiri.

2. Jumlah bitcoin yang beredar masih kecil ( Volatilitas)
Jumlah pengguna bitcoin baik merchant atau pembeli masih sedikit ini menghambat perkembangan sebuah bisnis.

3. Bitcoin belum sempurna
Pengembangan software terkait bitcoin masih terus berkembang sehingga saat ini pengguna bitcoin masih terbatas pada transaksi seperti pada umumnya.

Berikut adalah keuntungan menggunakan bitcoin

1. Netral dan transparan
Semua transaksi sekecil atau sebesar apapun tercatat dalam blockchain  sehingga tidak bisa dimanipulasi.

2. Perlindungan penjual
Penjual akan terlindungi karena tidak bisa membatalkan transaksi dan melakukan charge back.

3. Terkendali dan aman
Pengguna bisa melindungi uang mereka dengan pencadangan dan enskripsi. Transaksi yang anonymous bertujuan melindungi privasi pengguna bitcoin dari pencurian identitas seperti yang selama ini terjadi pada kartu kredit dan metode pembayaran lainya.

4. Biaya rendah
Pengguna bitcoin bebas melakukan  transaksi tanpa dikenakan biaya, atau biaya yang rendah karena adanya prosessor yang digunakan penjual untuk mempercepat konfirmasi. Namun biasanya fee yang diterapkan sangat rendah yang dikembangkan oleh developer. Pengubahan bitcoin menjadi mata uang konvensional seperti paypal dan kartu kredit juga bisa dilakukan dengan biaya yang rendah karena teknologi yang digunakan berbasis bitcoin membutukan biaya yang rendah dalam melakukan transaksi. Biaya transaksi ini biasanya berkisar 0,00010000 atau kalau dirupiahin ya sekitar 500 perak, sangat murah bukan? Bayangkan jika anda mengirim dollar ke luar negeri, berapa biayanya?

Post a Comment for "Belajar Mengenali Bitcoin, Keuntungan dan Kerugiannya - Khusus Pemula"