Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendapatkan Uang Kripto Terbaru 2022

Cara Mendapatkan Uang Kripto - Crypto saat ini marak sekali apalagi setelah jaman online kaya gini, gak terkecuali kamu yang saat ini sedang baca artikel ini, pastinya lagi cari carai informasi tentang apa itu cryptocurrency atau mata uang kripto bukan? Okeh kita langsung ke pembahasannya.

cara mendapatkan uang kripto

Apa itu Cryptocurrency atau Mata Uang Crypto?

Cryptocurrency atau biasa disebut crypto saja, adalah mata uang digital yang dapat digunakan untuk bertransaksi secara online melalui jaringan yang terdiri dari rantai jaringan komputer. Fungsinya adalah untuk menyetujui pertukaran mata uang kripto dan mencegah duplikasi transaksi yang sama.

Bagaimana Cara kerja Cryptocurrency atau Mata Uang Crypto?

Mata uang crypto bekerja menggunakan blockchain sebagai media transaksinya. Dalam buku Cryptocurrency Trading Guide oleh George Protonotarios, blockchain yaitu teknologi desentralisasi open-source yang berfungsi memverifikasi dan mencatat semua transaksi melalui penggunaan public ledger. 

Setelah sejumlah transaksi tertentu berhasil diselesaikan, maka blockchain  akan menghasilkan blok baru. 

Dari setiap proses blockchain akan dieksekusi menggunakan jaringan komputer yang berjumlah banyak sekali. Dan ketika semua setuju, suatu blok menjadi link permanen dalam blockchain. 

Penggunaan mata uang kripto harus memerlukan wallet atau dompet cryptocurrency atau crypto wallet. 

Dompet ini bisa berupa perangkat lunak dengan layanan berbasis cloud atau disimpan di komputer atau smartphone. Crypto wallet berfungsi untuk menyimpan kunci enkripsi dalam mengonfirmasi identitas pengguna dan menautkan ke mata uang kripto. 

Tren mata uang kripto kini semakin populer. Mengutip publikasi Fortune, pasar cryptocurrency melonjak ke level tertinggi sepanjang masa dan mencapai kapitalisasi pasar sebesar US$ 3 triliun pada 9 November 2021. Bitcoin, Ethereum, dan Ethereum 2 menduduki tiga peringkat teratas dengan kapitalisasi pasar terbesar.

Bagaimana Cara Bermain Crypto?

Yang dimaksud dengan Bermain crypto di sini adalah melakukan transaksi mata uang crypto untuk investasi sesuai aturan yang berlaku. 

Dalam Surat Menko Perekonomian Nomor S-302/M.EKON/09/2018 dijelaskan bahwa aset crypto tetap dilarang sebagai alat pembayaran. 

Namun, mata uang kripto tetap bisa digunakan sebagai instrumen investasi untuk dimasukan sebagai komoditas yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka. Di Indonesia sendiri Perdagangan crypto di Indonesia disetujui dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Dan inilah cara bermain Cripto, Simak cara main crypto untuk investasi secara legal berikut ini: 

  1. Calon pelanggan membuka rekening pada Pedagang Komoditi Aset Kripto. 
  2. Setelah lulus serangkaian prosedur Know Your Customer (KYC), calon pelanggan dapat disetujui menjadi investor, sehingga memiliki akun untuk bertransaksi. 
  3. Pelanggan melakukan transaksi melalui Pedagang Komoditi Aset Kripto (exchanger). 
  4. Gunakan crypto wallet untuk menyimpan kunci enkripsi, yang berfungsi untuk mengonfirmasi identitas pengguna dan menautkan ke mata uang kripto. 
  5. Pilih jenis mata uang kripto untuk investasi. 
  6. Susun strategi sesuai preferensi agar mendapatkan keuntungan. 
  7. Lakukan pembayaran sesuai metode yang diinginkan. 
  8. Seluruh data transaksi dari Pedagang Komoditi Aset Kripto, Lembaga Kliring Berjangka dan Pengelola Tempat Penyimpanan kepada Bursa Berjangka akan dilaporkan sebagai referensi harga dan pengawasan pasar.

Cara Mendapatkan Uang Crypto

Merangkum dari buku Dasar Investasi dan Trading Cryptocurrency, terdapat tiga cara untuk mendapatkan mata uang crypto yang menguntungkan sebagai berikut: 

  • Mendapatkan mata uang crypto dengan Mining 

Mining diartikan sebagai penambangan, yaitu mendapatkan mata uang kripto dengan menambang. Cara melakukan penambangan adalah dengan perangkat komputer. Sebuah komputer yang melakukan mining disebut crypto miner. 

Mining crypto berhubungan dengan blockchain. Prosesnya dimulai dengan verifikasi transaksi dalam blockchain. Setelah diverifikasi, transaksi akan dimasukkan ke rantai blok untuk mendapatkan crypto. 

Manfaat dari cara mining adalah orang yang berhasil menjadi penambang tidak perlu mengetahui cara menghitung dan ilmu matematika. 

Tetapi, pengguna cara mining harus mempunya perangkat lunak dan keras dengan spek tinggi untuk menambang crypto. 

  • Mendapatkan mata uang crypto dengan Farming

Mendapatkan uang cripto dengan cara farming bertujuan untuk mengambil rewards atau hadiah dengan kepemilikan aset kripto. 

Setelah mendapatkan aset tersebut, maka Anda dapat menghasilkan crypto lainnya. Cara kerja farming berhubungan dengan Liquidity Providers (LPs) atau penyedia likuiditas. LPs berperan untuk menyediakan koin yang berpasangan dengan koin lainnya dan digunakan sebagai likuiditas dalam suatu pertukaran (exchange). 

Misalnya, Anda memiliki ETH dan menyandingkannya dengan USDT untuk mendapatkan LP ETH-USDT. Ketika ada seorang trader melakukan transaksi ETh-USDT, Anda akan mendapatkan reward atau hadiah dari gas fee yang dikeluarkan trader tersebut. 

Besar hadiah yang didapatkan adalah sesuai besar persentase kontribusi pada likuiditas tersebut. Misalnya, jika seseorang memiliki 1% dari total likuiditas yang ada, maka hadiah yang didapat adalah 1% dari total gas fee. 

Metode ini semakin bernilai jika perhitungan dilakukan mingguan atau harian. 

  • Mendapatkan mata uang crypto dengan Staking 

Staking crypto adalah metode yang berpusat pada perdagangan aset kripto. Cara kerjanya adalah menyimpan aset pada wallet yang memiliki layanan staking. 

Aset investor disimpan dalam blockchain dengan konsensus algoritma Proof-of-Stake (PoS) dalam jangka waktu tertentu. Keuntungan yang diperoleh tergantung pada harga, jumlah, dan aktivitas aset kripto yang dikunci. Durasi penguncian juga berpengaruh pada keuntungan. 

Metode ini cocok digunakan untuk para investor yang bertujuan mendapatkan pendapatan pasif dari mata uang kripto. Meski demikian, riset mendalam untuk memilih platform harus dilakukan sebelum memilih metode staking. 

Kepercayaan tersebut penting karena investor akan mengunci aset kripto yang dimiliki selama jangka waktu tertentu. Selama itu, pengembang tidak bisa menjual koin. 

Itulah cara main crypto yang legal serta cara untuk mendapatkan keuntungan.

Post a Comment for "Cara Mendapatkan Uang Kripto Terbaru 2022"