Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

HARUS TAHU, Inilah Pengertian dan penjelasan lengkap Initial Coin Offering (ICO)?

Sekarang Initial Coin Offering (ICO) sedang sangat pesat perkembangannya, khususnya di  tahun 2017, sangat banyak para pengembang yang memakai metode ini untuk menghimpun dana dalam rangka mengembangkan proyek-proyek mereka. Dana yang terhimpun jumlahnya sangat fantastis, bisa mencapai jutaan dollar Amerika.

Pada tahun 2013, itulah ICO pertama kali di lakukan dan coin pertama yang perkenalkan  dari ICO ini adalah coin Mastercoin atau OMNI. Yaitu sebuah mata uang digital serta protokol komunikasi berbasis Blockchain yang telah mengumpulkan banyak tokennya pada bulan Juli 2013 di forum Bitcointalk.org.

Beberapa waktu setelah kampanye pendanaan yang berhasil di tahun 2014. Ethereum saat ini adalah kampanye paling sukses yang pernah dilakukan, dan coin nya saat ini sudah mencapai harga yang tinggi yaitu 0.12 BTC per coin nya.

tahun 2015 Ethereum perkenalkan sebagai criptocurrency atau mata uang digital. Sejak saat itu, Ethereum telah mampu menjadi mata uang digital terbesar kedua setelah bitcoin.
Pengertian dan penjelasan lengkap Initial Coin Offering (ICO)

Apa itu ICO ?

Initial Coin Offering yang disingkat menjadi ICO.
I = Initial artinya yang terawal,
C = Coin artinya token/coin digital
O = Offering artinya penawaran.
Jadi, ICO adalah penawaran coin terawal sebelum diluncurkan ke pasar bebas.

Tujuan dari ICO

Untuk menghimpun Dana, itulah tujuan sebenarnya dari ICO. Para pegembang bertujuan untuk mengumpulkan dana dari para investor untuk membiayai beberapa proyek besar mereka.

Apa Keuntungan dari ICO

Keuntungan dari ICO, pertama untuk pengembang, yaitu para pengembang bisa mendapatkan dana segar untuk membiayai proyek mereka.

Sedangkan bagi investor, ICO dapat memberikan keuntungan mendapatkan token atau Coin yang dapat diperdagangkan di beberapa exchanger.


Sebelum diperkenalkan, ICO harganya masih sangat murah atau terjangkau, dan nanti setelah diperkenalkan, harganya bisa naik sampai berlipat-lipat. Dan inilah yang dapat digunakan untuk mengambil keuntungan oleh para investor.

Apa Kerugian dari ICO

ICO adalah bentuk lain investasi. Tidak ada Investasi yang benar-benar 100% aman. Dengan berinvestasi, kita berarti memberikan dana kita kepada pihak lain, dan ini tentu saja memungkinkan dana kita digunakan tidak seperti pada perjanjian awal. Dan akhirnya dana kita dibawa lari, dan inilah yang disebut apa namanya SCAM.

Apa hubungan ICO dan IPO

ICO lebih sederhana, tidak perlu banyak prosedur seperti institusi keuangan, pemerintahan atau lembaga lain yang berkaitan.

Sedangkan IPO, adalah investasi nyata pada sebuah perusahaan seperti misalnya Google. Harus ada perijinan yang jelas, diawasi oleh instirusi keuangan dan pemerintahan di negara dimana perusahaan itu berada.

Bentuk Investasi ICO

Pada investasi ICO, investasi online lebih condong ke mata uang digital atau cryptocurrency seperti bitcoin atau Ethereum yang merupakan cryprocurrency pertama

Demikianlah penjelasan lengkap untuk ICO atau Initial Coin Offering (ICO). Semoga bermanfaat dan sukses selalu.

Post a Comment for "HARUS TAHU, Inilah Pengertian dan penjelasan lengkap Initial Coin Offering (ICO)? "