Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Hal Paling Penting Yang Harus diKetahui Tentang Bitcoin

Getbitcoindollar_Bagi pegiat bisnis online, kata Bitcoin pasti sudah tidak asing lagi di telinga, tapi sebenarnya apa yang dimaksud dengan bitcoin itu? Perbedaannya antara Bitcoin dengan uang biasa dan bagaimana Bitcoin bisa digunakan?
Tentang bitcoin, inilah yang harus anda ketahui.

Dengan bitcoin, Transaksi dapat dilakukan dengan sangat cepat ke seluruh dunia.
Salah satu keunggulan utama Bitcoin daripada mata uang biasa adalah penggunaannya yang mudah saat melakukan pengiriman ke mana pun di seluruh dunia. Hal ini cukup bermanfaat jika diterapkan diwilayah negara yang menganut sistem perbankan yang cukup rumit.
Sebagai contoh, saat kita menginap di sebuah Hotel di suatu negara. Ketika akan  melakukan pengiriman uang melalui rekening banknya, ia diminta untuk mengisi data diri, termasuk nama lengkap, nama orang tua, alamat rumah dan lain-lain. Khawatir datanya di curi, ia akhirnya memilih menggunakan Bitcoin.
Kelebihan ini tentunya bisa juga berlaku di wilayah negara-negara yang sedang terjadi pergolakan politik, saat kinerja bank terganggu, atau mungkin tidak dapat beroperasi sama sekali. Keuntungan yang lainnya yaitu kita tidak perlu melakukan pendaftaran yang rumit seperti yang dilakukan seperti di bank ketika akan ingin memakai Bitcoin. Kita cukup hanya mengunduh programnya kemudian membuat Wallet dari sana.
Saat ini kita juga dapat memakai Bitcoin sebagai pengganti kartu kredit untuk melakukan transaksi pembelian secara online. Hal ini tentunya sangat menarik bagi orang-orang yang tidak memiliki akses ke kartu kredit, seperti anak sekolah yang belum memiliki penghasilan secara tetap.

Dengan Bitcoin, Biaya Lebih Murah dan lebih aman
Disamping kecepatannya dalam melakukan transaksi, Bitcoin juga memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi khususnya di wilayah negara yang sedang dalam kondisi perbankan yang tidak stabil. Pada mata uang biasa, terkadang terjadi sistem yang dimiliki bank down, dan akibatnya kita tidak dapat melakukan bertransaksi, seperti karena kesalahan teknis atau dikarenakan  aturan pemerintah sehingga bank tidak dapat bekerja secara maksimal, seperti yang terjadi di Negara Yunani beberapa waktu yang lalu.
Tapi dengan bitcoin. Yang memiliki sifat peer-to-peer, di dalam sistem Bitcoin tidak mempunyai single point of failure, meski secara teknis atau sistem. Hal ini menjadikan kita tidak perlu khawatir tidak bisa mengakses Wallet dan dana kita. Bitcoin menjadi lebih aman dengan adanya desentralisasi.
Melakukan transaksi melalui Bitcoin cukup hanya memerlukan waktu antara satu atau dua hari dengan cara-cara yang sangat sederhana. Pertama, apabila belum memiliki, kita bisa membeli Bitcoin dengan mata uang lokal kita. Lalu, kita mengirimkan Bitcoin itu melalui Wallet. Setelah di kirim, si penerima bisa langsung menukar Bitcoin itu dengan mata uang lokalnya.
Bitcoin dapat dijadikan sebagai alat tukar atau investasi?
Ya, sebagai mata uang digital, bitcoin bisa dijadikan sebagai alat tukar, sekaligus sebagai alat untuk investasi, semakin banyak orang yang melakukan transaksi dengan Bitcoin, maka akan semakin tinggi kenaikan harganya. Apabila semakin tinggi kenaikan harganya, maka dapat dipastikan semakin tinggi pula insentif untuk berinvestasi dengan Bitcoin.
Walaupun begitu, melakukan investasi dengan Bitcoin masih memiliki risiko yang cukup tinggi karena sifat nilainya yang volatile, yaitu dapat berubah dengan cepat. Dalam sejarahnya, Bitcoin sempat menyentuh angka pada kisaran $1.200 atau sekitar Rp. 16 juta. Tapi saat ini, harga bitcoin hanya ada pada angka 6-7 juta, dan itupun kadang kembali turun.
Dengan melihat banyaknya sisi keunggulan yang dimiliki Bitcoin, barangkali sekarang waktunya kita bergerak ke era baru untuk membuat sebuah sistem keuangan/ finansial yang lebih aman, cepat, dan efisien dibandingkan sistem Keuangan yang tradisional. Siapkah kamu?

Post a Comment for "3 Hal Paling Penting Yang Harus diKetahui Tentang Bitcoin"