Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fakta Unik Bitcoin

Proses Pembuatan Bitcoin

Mata Uang Bitcoin tercipta dari sebuah proses  yang disebut "penambangan". Dalam penambangan, setiap orang mendapat imbalan dari jaringan atas layanan yang mereka berikan. Para penambang Bitcoin memproses transaksi dan mengamankan jaringan menggunakan perangkat keras khusus dan sebagai gantinya mendapat bitcoin baru.

Bitcoin dibuat sedemikian rupa sehingga bitcoin baru dapat dibuat dengan nilai yang tetap. Hal ini menjadikan proses penambangan Bitcoin berubah menjadi bisnis yang sangat kompetitif. Saat jumlah penambang baru banyak yang bergabung pada jaringan, maka akan menjadi semakin sulit bagi penambang untuk mendapatkan keuntungan, dan masing-masing penambang harus memiliki cara yang paling efisien guna memangkas biaya operasional.

Dalam bitcoin, tidak ada yang menjadi pemegang kekuasan utama yang mempunyai kekuatan untuk mengontrol ataupun memanipulasi sistem hanya untuk meningkatkan keuntungan pribadi. Setiap koneksi Bitcoin di penjuru dunia akan menolak apapun yang tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Bitcoin dibuat dengan tingkat yang dapat diperkirakan dan semakin menurun kuotanya. Jumlah bitcoin yang diciptakan akan semakin berkurang separuh sampai pembuatan bitcoin berhenti total saat jumlahnya 21 juta bitcoin secara keseluruhan.

Mengapa bitcoin bernilai?

Seperti halnya uang yang beredar secara nyata, itulah hal yang membuat bitcoin begitu bernilai. Bitcoin mempunyai sifat-sifat yang dimiliki oleh uang (tahan lama, ringkas, bisa ditukarkan, langka, bisa dibagi, dan bisa dikenali). Dengankelengkapan-kelengkapan ini, semua yang diperlukan dari bitcoin sebagai uang adalah memiliki nilai tukar, kepercayaan dan penerimaan. Hal ini dapat dilihat bahwa kondisi bitcoin saat ini bisa diukur dengan pertumbuhan pengguna, penjual dan pengguna baru. Bitcoin memiliki nilai karena bitcoin memiliki orang-orang yang mau menerimanya sebagai alat pembayaran layaknya uang di dunia nyata.

Apa yang menentukan harga bitcoin?

Seperti yang terjadi pada pasar nyata, harga suatu barang ditentukan oleh permintaan dan penawaran. Saat permintaan untuk bitcoin meningkat, maka harga bitcoin juga meningkat dan ketika permintaan menurun, harga nya pun akan turun. Bitcoin yang telah beredar saat ini jumlahnya terbatas dan bitcoin baru yang dibuat diperkirakan jumlahnya akan terus menurun. yang artinya agar tetap stabil, permintaan bitcoin harus berbanding lurus dengan jumlah bitcoin yang tersedia.
Saat ini, Bitcoin masih merupakan pasar yang cukup kecil dibanding dengan potensi yang sebenarnya bisa dicapai Bitcoin, maka dari itu tidak memerlukan jumlah yang besar untuk menggerakkan harga pasar naik atau turun, dan karena itulah mengapa sebabnya harga bitcoin masih sangat fluktiatif atau cepat berubah.

Bisakah bitcoin menjadi tidak berharga?

Yang namanya barang yang bisa diperjual belikan, pasti ada saatnya harganya tinggi, dan ada saatnya harganya turun. Hal ini juga berlaku bagi bitcoin.
Seperti halnya yang terjadi pada uang nyata, sejarah telah mencatat bahwa mata uang seperti Mark Jerman dan Dollar Zimbabwe beberapa bulan yang lalu menjadi sangat tidak berharga dikarenakan adanya hiperinflasi yang terjadi pada kedua negara tersebut.
Untuk Bitcoin juga begitu, selalu ada potensi terjadinya kegagalan, persaingan mata uang, isu politik, isu pasar dan sebagainya.

Post a Comment for "Fakta Unik Bitcoin"