Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Ampuh Mengamankan Dompet Bitcoin

Sebelum kita belajar cara mengamankan dompet bitcoin, mari kita ulas sedikit mengenai apa itu yang dimaksud dengan dompet bitcoin.

Bitcoin disimpan dalam akun bernama Bitcoin Wallet. Anda dapat menggunakan dompet Bitcoin dari perusahaan mana pun untuk menyimpan bitcoin dan mengunduhnya secara gratis di Google Play Store atau Apple Store.

Ada ratusan perusahaan di dunia yang membuat dompet Bitcoin hingga saat ini, tetapi untuk keamanan akun Anda, kami sarankan Anda mencari aplikasi yang memiliki unduhan paling banyak dan ulasan terbaik dari bintang.

Jika Anda tertarik untuk membandingkan kelebihan dan kekurangan portofolio Bitcoin saat ini, kunjungi Bitcoin.org.

Berikut ini beberapa contoh dari dompet Bitcoin yang direkomendasikan:

cara mengamankan dompet wallet bitcoin cara mengamankan dompet wallet bitcoin cara mengamankan dompet wallet bitcoin
Setelah menginstal dompet, Anda akan memiliki alamat Bitcoin. Dari dompet Bitcoin, Anda dapat mentransfer bitcoin ke mana pun di dunia selama Anda terhubung ke Internet.

Mengirim Bitcoin sangat sederhana. Cukup buka aplikasi dompet, masukkan alamat Bitcoin dari transaksi lawan dengan jumlah bitcoin yang ingin Anda transfer, lalu tekan tombol "Kirim".

Cara menggunakannya sebenarnya mirip dengan Internet Banking pada intinya. Perbedaannya hanya pada tingkat keamanan di mana Bitcoin jauh lebih unggul karena transaksi berlangsung langsung dari pengirim ke penerima tanpa melibatkan "lembaga bitcoin" atau manajer yang dapat mengontrol, mengambil atau kehilangan uang Anda setiap saat.

Setiap dompet Bitcoin harus memiliki tingkat keamanan yang berbeda dan cara perlindungan yang berbeda.

Rata-rata, mereka menyediakan opsi di mana Anda dapat menambahkan 2 Faktor Otentikasi untuk memberikan lapisan keamanan ekstra ke portofolio Anda. 2 Factor Authentication biasanya dalam bentuk verifikasi melalui pin SMS yang akan memasukkan nomor ponsel yang terdaftar ketika dompet itu dibuat atau dalam bentuk pin Google Authenticator yang dapat diinstal pada laptop atau smartphone.

Akibatnya, setiap kali Anda ingin mengakses dompet Anda, Anda perlu memasukkan alamat e-mail, kata sandi dan pin SMS atau pin GA untuk mengakses dompet Anda.

Hal terpenting yang perlu Anda lakukan untuk melindungi dompet Anda adalah membackup kunci pribadi Anda.

Ketika Anda membuat dompet Bitcoin, Anda akan secara otomatis memiliki kunci publik dan kunci pribadi. Kunci publik adalah serangkaian huruf dan angka yang dapat Anda bayangkan sebagai nomor rekening bank.

Contoh kunci publik: 1FP1toj2osvcV2EWjEf7SwyPCRuwTr2dTL. Anda dapat memberikan nomor ini kepada siapa pun secara tertulis atau Kode QR untuk menerima Bitcoin.

Setiap kunci publik akan terhubung ke kunci pribadi yang merupakan serangkaian huruf dan angka yang Anda benar-benar perlu merahasiakannya.

Ibaratkan kunci pribadi sebagai pin ATM Anda. Contoh kunci privat: 5HpHagT65TZzG1pH3CSu63k8DbpvD8s5ip4nEB3kEsrfuuNUQgn

Jika Anda memiliki dompet bitcoin pribadi Anda, Anda tidak perlu khawatir jika situs dompet Bitcoin Anda tidak aktif atau tidak dapat diakses.

Misalnya, dompet Bitcoin Anda diinstal pada smartphone dan aplikasi dihapus (atau lebih buruk lagi, smartphone hilang), cukup instal ulang dompet Bitcoin di perangkat lain (misalnya di tablet atau PC) dan masukkan kunci pribadi untuk mendapatkan akses ke dompet Anda kembali.

Cara mudah dan aman untuk membuat cadangan dompet Anda adalah dengan membuat dompet seperti ditunjukkan di bawah ini. Anda dapat melihat petunjuk untuk membuat Dompet Kartu di sini.

Kebanyakan dompet Bitcoin yang beredar saat ini tidak menyediakan kunci pribadi dalam bentuk serangkaian huruf dan angka, tetapi telah disederhanakan menjadi kata sandi keamanan yang biasanya dalam bentuk 12 huruf yang mudah ditulis atau diingat.

Contoh kunci pribadi yang telah dimodifikasi untuk frasa sandi keamanan: tombak biru hotel falcon bisbol keyboard kulkas albino unik, dua belas bidang sungai

Jika dompet Anda aman, itu tergantung pada Anda. Cari tahu cara melindungi dompet Anda terlebih dahulu karena berbeda dari akun Facebook yang hanya berisi informasi pribadi, dompet Bitcoin Anda dapat bernilai ratusan ribu hingga miliaran Rupiah.

Sayang kalau itu diambil oleh orang lain, betul kan?

Post a Comment for "Cara Ampuh Mengamankan Dompet Bitcoin"