Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanya Jawab Lengkap Bitcoin Untuk Pemula (Tutorial)

Apa itu Bitcoin?

Bitcoin adalah warisan digital yang tidak diatur oleh negara dan / atau institusi mana pun. Bitcoin adalah aset digital yang dapat dikirim melalui Internet. Selengkapnya tentang Apa itu Bitcoin.


Siapa pencipta Bitcoin?

Hingga saat ini belum ada informasi pasti siapa sebenarnya pencipta Bitcoin. Namun, algoritma yang digunakan dalam Bitcoin dikembangkan oleh grup dengan "Satoshi Nakamoto" alias. Kelompok ini juga menerbitkan buku harian yang menjelaskan algoritma kriptografi. Kemudian, pada tahun 2009, untuk pertama kalinya mereka memperkenalkan sistem jaringan Bitcoin dan cryptocurrency. Lihat Selengkapnya tentang Siapa Penemu bitcoin sesungguhnya.

Apa keunggulan Bitcoin dibandingkan dengan mata uang tradisional?

Beberapa manfaat Bitcoin dapat dikirim ke mana saja melalui Internet tanpa melalui bank atau lembaga pengiriman. Dapat digunakan di negara mana pun dan tidak dapat dibekukan. Serta transaksi Bitcoin dilakukan tanpa syarat dan tidak ada batas transfer.

Di luar itu, keuntungan dari Bitcoin adalah kita dapat memonitor semua transaksi yang terjadi. Misalnya, transaksi yang dilakukan oleh situs web Wikileaks. Melalui situs web Blockchain, kami dapat mengontrol di mana saja Wikileaks menerima pengiriman dan identitas pengirim Bitcoin seperti alamat Bitcoin dan jumlah transaksi yang dikirim.

Apa sajakah contoh penggunaan Bitcoin?

Bitcoin telah diadopsi oleh berbagai kelompok, banyak di antaranya adalah situs e-commerce. Beberapa dari mereka memiliki Bitpremier yang menjual barang-barang mewah. Di Indonesia, khususnya di Bali, beberapa hotel dan ruang kerja bersama, yaitu HUBUD, telah mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran.

Bagaimana cara mendapatkan Bitcoin?

Ada dua cara untuk mendapatkan Bitcoin. Pertama, beli Bitcoin secara langsung dengan menukarkan mata uang resmi dengan Bitcoin. Kedua, Anda bisa mendapatkan Bitcoin dengan menginstal aplikasi bernama Bitcoin Miner atau juga dikenal sebagai penambangan Bitcoin (penjelasan di bawah).

Bisakah ditukarkan dengan uang?

Ya, Bitcoin dapat ditukar dengan mata uang resmi. Di Indonesia ada Indodax, situs pertukaran Bitcoin yang melayani pertukaran rupee.

Selain itu ada situs pertukaran Bitcoin lainnya seperti Artabit, Tiker.in dan Tukarcash.com

Berapa nilai tukar Bitcoin?

Nilai tukar Bitcoin tidak pasti dan terus berubah. Ketika artikel ini ditulis, nilai tukar 1 BTC mencapai Rp. 5.730.000. Untuk memantau nilai tukar Bitcoin dengan rupee, Anda dapat mengunjungi situs web Coindesk.

Mengapa harga pertukaran Bitcoin mahal?

Nilai tukar Bitcoin sangat tinggi karena jumlah Bitcoin terbatas sementara pengguna Bitcoin (permintaan) sangat besar, sehingga harganya mahal. Juga tahun lalu telah mencapai USD 1.000 untuk Bitcoin.

Berapa jumlah Bitcoin yang beredar?

Algoritma yang digunakan oleh Bitcoin dirancang untuk menghasilkan 21 juta Bitcoin pada 2024. Hingga bulan ini, 13.500.000 Bitcoin didistribusikan, jadi masih ada 7.500.000 Bitcoin tersisa. Anda dapat memantau Bitcoin melalui situs web Blockchain.

Bisakah jumlahnya bertambah?

Karena Bitcoin adalah mata uang yang paling demokratis. Jumlah ini dapat meningkat jika 50% plus pengguna Bitcoin setuju untuk meningkatkan jumlah Bitcoin.

Jadi mengapa kita perlu menggunakan Bitcoin?

Ini adalah pertanyaan dengan jawaban subjektif. Menurut pendapat kami, Bitcoin dapat membuat transaksi lebih sederhana dan lebih fleksibel. Misalnya, jika Anda ingin mengirim uang dari Indonesia ke luar negeri, itu akan melalui beberapa tahap - dan tentu saja pajak - sebelum mencapai tangan penerima. Saat menggunakan Bitcoin itu cukup untuk menentukan jumlah dan tujuan penerima, Anda dapat mengirim Bitcoin di mana saja, dan biaya yang paling menyenangkan (ongkos kirim) ditentukan oleh pengguna sebagai pengirim.

Selain itu, dengan pengiriman uang Bitcoin itu fleksibel karena dapat membuat pengiriman dengan nilai nominal yang sangat kecil. Sebagai contoh, penggalangan dana yang dibuat oleh situs Wikileaks dapat digunakan. Ada donatur yang berkontribusi hanya untuk 0,0003 BTC atau setara dengan 14 sen.

Jadi apa itu ekstraksi Bitcoin?

Penambangan Bitcoin adalah proses mendapatkan Bitcoin. Untuk dapat melakukan operasi ekstraksi Bitcoin, komputer canggih yang disebut sirkuit terintegrasi khusus aplikasi atau ASIC disingkat diperlukan. Komputer ini digunakan untuk mencari koin baru dengan membantu memproses transaksi Bitcoin di seluruh dunia.

Bagaimana cara kerja Penambang Bitcoin?

Sebenarnya cara kerja penambangan Bitcoin cukup sederhana. Relawan yang menginstal perangkat lunak Bitcoin Miner atau menggunakan komputer ASIC akan membantu memverifikasi transaksi Bitcoin. Di mana verifikasi ini melibatkan proses yang rumit, mudah untuk memverifikasi kebenaran. Relawan pertama yang berhasil memecahkan proses akan menerima sebagai hadiah sejumlah Bitcoin tertentu.

Namun kenyataannya itu tidak mudah, ada banyak orang dan organisasi yang mengekstraksi Bitcoin, jadi jika hanya dengan komputer biasa adalah pemborosan.

Post a Comment for "Tanya Jawab Lengkap Bitcoin Untuk Pemula (Tutorial)"