Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Keliru..!!! Ini Perbedaan Bitcoin Exchange dan Bitcoin Wallet

Bagi Anda yang terbiasa hidup di dunia Bitcoin dan Blockchain, mereka pasti akan tersenyum ketika Anda mendengar pertanyaan "Apa yang membedakan Bitcoin (atau Bitcoin Exchange) dengan dompet Bitcoin (dompet Bitcoin)?"

Karena Bitcoin Exchange dan Bitcoin Wallet jelas berbeda.

Tetapi Anda akan terkejut melihat betapa banyak orang di luar sana yang tidak memahami keduanya dengan baik dan kadang-kadang menganggapnya sebagai hal yang sama.

Artikel ini dirancang khusus untuk menjelaskan secara lebih rinci apa yang membedakan pertukaran Bitcoin dan sebuah dompet.

Pengertian Bitcoin Exchange

Bitcoin Exchange, atau Bursa Bitcoin, adalah istilah untuk perusahaan yang menyediakan platform khusus yang dapat digunakan oleh orang-orang di berbagai negara untuk menukar Bitcoin dengan mata uang fiat (seperti Dolar AS, Euro, Yuan, Rupiah, dll.)

Atau lainnya cryptocurrency. Misalnya, Indodax adalah pertukaran Bitcoin di Indonesia yang dapat Anda gunakan sebagai tempat untuk menukarkan Bitcoin Anda dengan Rupiah atau menukarkannya secara gratis dengan cryptocurrency lain yang tersedia di pasar seperti Ethereum, Litecoin, Dogecoin, DASH, Ripple dan berbagai cryptocurrency lainnya.

Bitcoin Exchange biasanya menyediakan portofolio sementara untuk mengakomodasi mata uang fiat atau saldo cryptocurrency yang akan dipertukarkan oleh pengguna.

Sebagai contoh, Indodax menyediakan dompet sementara ke rumah Bitcoin, Rupiah dan cryptocurrency lainnya yang didukung oleh pasar untuk memfasilitasi perdagangan penggunanya.

Ketika Anda ingin menjual Bitcoin ke Rupiah di Indodax, Anda harus terlebih dahulu memindahkan Bitcoin dari dompet pribadi Anda (atau bisa juga dari Exchange atau perusahaan lain seperti perusahaan penambangan cloud, faucet, dll.)

Untuk portofolio sementara yang tersedia di akun Indodax Anda. Setelah menyetorkan Bitcoin, Anda akan melihat saldo Bitcoin Anda di akun Indodax Anda dan dari situ Anda dapat dengan mudah menjualnya ke Rupiah.

Jangan Keliru..!!! Ini Perbedaan Bitcoin Exchange dan Bitcoin Wallet


Dompet/ wallet Bitcoin

Jika Bitcoin Exchange didirikan dengan tujuan melayani proses negosiasi cryptocurrency, dompet Bitcoin, atau Bitcoin Wallet, dibuat secara eksklusif untuk menyimpan atau mengirim Bitcoin.

Dompet Bitcoin sangat berbeda dengan antarmuka yang berbeda. Anda dapat melihat jenis-jenis di infografis Cointelegraph berikut.

Untuk memudahkan pengguna bertransaksi dari berbagai perangkat, kini ada banyak perusahaan yang bergerak sebagai penyedia dompet, seperti Blockchain.info, Copay, dan Airbitz.

Tidak seperti Bitcoin Exchange, perusahaan yang beroperasi sebagai pemasok portofolio tidak menyediakan platform trading Bitcoin, kecuali perusahaan juga beroperasi sebagai perdagangan pasar saham, misalnya: Coinbase.

Ketika Anda membuat portofolio di situs seperti Blockchain.info, Anda akan memiliki akses ke dompet Bitcoin yang hanya dapat digunakan untuk menyimpan dan mengirim Bitcoin.

Anda dapat menganggapnya sebagai dompet biasa yang Anda gunakan untuk menyimpan uang kertas Anda, yang tentu saja dapat diambil kapan saja dan ditransfer ke tempat lain.

Tapi tidak seperti dompet untuk uang, dompet Bitcoin ini lebih seperti buku rekening bank yang mencatat semua daftar transaksi Anda sejak pertama kali dompet itu dibuat. Ketika Anda mengirim / menerima Bitcoin, berapa banyak Bitcoin dipertukarkan dan di mana atau di mana Bitcoin dipertukarkan, semuanya jelas ditampilkan di sana. Bahkan lebih baik, tidak perlu memeriksa sejarah transaksi hanya melalui situs Blockchain.info di mana Anda membuat dompet Anda.

Jika server Blockchain.info mati, Anda masih dapat memeriksanya di berbagai situs lain. Anda juga dapat mengakses dompet Bitcoin Anda sampai Anda melakukannya dengan benar.

Bagaimana dompetnya dilindungi? Kami akan membahasnya di artikel Cara mengamankan Dompet atau Wallet Bitcoin.

Perbedaan antara Bitcoin Exchange dan Bitcoin Wallet

Dari uraian di atas, kita dapat menyimpulkan poin penting yang membedakan antara Bitcoin Efek dan Dompet Bitcoin yang berasal dari bentuk layanan yang disediakan.

Anda tidak dapat menjual atau membeli Anda Bitcoin Bitcoins di dompet Anda, dan bahkan jika Anda dapat menjaga dompet Bitcoin Anda dalam sementara yang disediakan oleh Bitcoin Exchange, Bitcoin dompet dapat menawarkan peningkatan kenyamanan, kemudahan dan keamanan tanpa Exchanger jarang disediakan oleh server.

Jika Bitcoin adalah seperti emas, Bitcoin Exchange adalah toko emas di mana Anda dapat menjual / membeli emas dengan Rupiah, sementara Anda mempertimbangkan dompet Bitcoin sebagai brankas pribadi yang dapat Anda gunakan sebagai gudang untuk menyimpan emas. Anda dapat mengatur diri Anda pada tingkat yang aman keamanan dan hanya Anda memegang kunci untuk membukanya tanpa harus bergantung pada siapa pun.

Bedanya dengan emas, "brankas" Bitcoin dapat dengan mudah disimpan pada ponsel Anda dan dapat dilakukan di mana saja untuk dibelanjakan.

Post a Comment for "Jangan Keliru..!!! Ini Perbedaan Bitcoin Exchange dan Bitcoin Wallet"